Senin, 18 Desember 2017

Email

 A.Pengertian e-mail
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com, http://www.mail.google.com, dll.

B.  Fungsi e-mail
1. Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
2. Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.
7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.

C.  Cara Membuat e-mail
 Buka http://gmail.com
  • Klik Create An Account di bawah untuk login
Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
1. Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
2. Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum  digunakan orang lain).
3. Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
4. Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
5. Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
6. Gender : Pilih jenis kelamin anda.
7.  Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
8.  Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
9.  Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
10. Centang dua persyaratan dari google tersebut...
11.  Klik tombol langkah berikutnya

    Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan..

    Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia.Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.

    Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya
     jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.

    Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.

     sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah     disediakan oleh produk google gmail.


D.  Fungsi Attachment File Dalam E-Mail
  • Pengertian attachement
Attachemen adalah fasilitas yang disediakan pada suatu website atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload ke internet.
Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita kalau misalnya mau bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, karena yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, maka orang lain sudah dapat mendownloadnya dari tempat lain.
  • Fungsi attachment
Attachment adalah perintah mengirim file melalui email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita lampirkan juga, misalnya: document word ataupun power point.
Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu untukmengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll)
melalui email kealamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah perintah-perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah :
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send

     Cara Mengirimkan File, Gambar, Dsb  Dengan Menggunakan Fitur "Attachment" Di Email.

1. masuk ke url/alamat  email yang dimiliki. contoh  gmail, http://www.mail.google.com. maka akan tampil gambar login email seperti di bawah.

Kemudian Masukkan alamat Email dan Password,sperti gambar di bawah ini
2. Jika Pengisian Email dan Pasword kamu sudah benar, selanjutnya Klik MASUK, maka akan tampil halaman dalam Email kamu seperti gambar di bawah ini :
 Melampirkan File Data (Attachment)




3. klik “compose atau tulis” karena akan mengirim email , setelah itu akan muncul kotak dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan, langkah berikutnya melampirkan file  (attachment file) yang akan dikirim . dengan cara klik "attach files" bertanda lingkaran


 

4. Jika sudah diklik lingkaran di atas, maka akan tampil kotak Dialog untuk mencari FILE yang akan dilampirkan untuk di masukkan sebagai lampiran Email.
      Setelah file data ketemu, Klik OPEN. dan tunggu sampai uploading file benar-benar selesai. Setelah itu pilih “SEND”,

E.  Cara Sign Up Di Jejaring Sosial

Ø  Cara sign up di twitter
  • Pertama tama yang harus anda persiapkan adalah email, nantinya email ini sudah pasti digunakan untuk mengkonfirmasi akun twitter anda.
  •  Pertama tama yang harus anda lakukan dalam membuat twitter adalah membuka halaman situs berikut https://twitter.com/
  •  Signup setelah itu anda isi Nama email Dan Password sesuai dengan data diri anda. Jika sudah diisi kemudian klik “Sign Up For Twitter” untuk membuat akun twtter anda
  • Kemudian Akan Tampil Seperti Tampilan DiBawah Ini Dimana Anda Harus Melengkapi Data Diri Anda.

  • Tanda Kotak Merah Adalah jika username kamu sudah tidak bisa, maka suggestion yg diberikan oleh twitter bisa dijadikan alternatif untuk username anda.
  •  Setelah Itu Anda Akan DiHadapkan Seperti Tampilan Dibawah Ini Dimana Kita Harus Melewati Step 1 of 6 Sampai dengan Step ke 6.

Klik Let’s Go
  • Kemudian Ceklist Semua Kategori Seperti Gambar Di Atas Lalu Klik Continue
  • Kemudian Klik Follow 40 & Continue Seperti Yang DiSarankan Twitter

  • Kemudian Klik Skip this step for now Jika Anda Ingin Melewati Langkah Ini, Namun Jika Tidak, Ini Adalah Langkah Untuk Mengupload Foto Anda.

Keterangan Gambar Diatas

 Untuk Mengambil Foto Anda Dari Kamera
 Untuk Mengambil Foto Anda Melalui Upload Dari PC/Laptop/Tablet/HP Anda.
 Skip this step for now Adalah Pilihan Untuk Melewati Langkah Ini Artinya Kita Bisa Upload Foto Kita Setelah Proses Daftar Selesai Semua.
  • Kemudian Langkah ke 5 Klik Saja Skip this step Pada Kiri Bawah
  • Kemudian Akan Muncul Seperti Tampilan Di Bawah Ini
  • Pada Langkah Terakhir Adalah Login Ke Email Anda Untuk Mengkonfirmasi Akun Twitter Yang Telah Kita Buat, Pada Tutorial Ini Indonews Menggunakan Gmail.Com 
Jika Berhasil Makan Akan Muncul Tampilan Seperti Gambar Dibawah Ini :

Resmi sudah akun twitter anda dibuat, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengisi profil pada akun twitter anda yang berguna nantinya mempermudah orang dalam berkomunikasi.

 Kesimpulan
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat.
Jadi,untuk mengirim dokumen di attachemen file di e-mail tentunya kita harus memiliki account e-mail dan untuk sign up si jejaring socialpun kuncinya dengan memiliki account e-mail sehingga akan mudah dalam berkomunikasi atau berkirim dokumen atau file-file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar